-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Rabu, 10 November 2021

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 76 Tahun 2021 Kabupaten Kulon Progo


Kulon Progo.  Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 76  tanggal 10 November 2021 Kabupaten Kulon Progo digelar di Halaman Kantor Pemda dengan pembatasan peserta upacara karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Drs. H. Sutedjo, Komandan Upacara AKP Denis Efendi, SH., dan Perwira Upacara AKP Didik Purwanto, SH., MM., dari Polres Kulon Progo.  Peserta upacara terdiri dari personel Kodim 0731/Klp, Satradar 215/ Congot, Yon Brimob Sentolo, Polres masing-masing satu regu.
Tampak hadir Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo, Wabup Fajar Gegana, Ketua DPRD Akhid Nuryati, SE., Dansatradar 215/Congot Letkol Lek Nanang Mahfudi, ST., MM., Kapolres AKBP Muharomoh Fajarini, SH., SIK., Sekda Ir. RM. Astungkoro, M.Hum, Danramil 04/Samigaluh Kapten Inf Supardi, Palakhar Dan Yon B Por Brimob Sentolo AKP Edi Efiyanto, SH., MM., Kepala Kemenag  H. M. Wahib Jamil, M. Pd.,  Hendri Utomo, SH., dari Kejaksaan Negeri Kulon Progo.

Dalam upacara ini dibacakan pesan-pesan perjuangan para pahlawan nasional antara lain pesan Nyi Ageng Serang, Jenderal Sudirman, Soekarno, Moh. Hatta, Supriyadi dan Bung Tomo, untuk memberi inspirasi kepada generasi muda, sesuai dengan tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 yakni “Pahlawanku Inspirasiku”.

Amanat Menteri Sosial RI dibacakan oleh Irup antara lain disampaikan bahwa negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air.
 
Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan Negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. 

Selanjutnya sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, marilah kita bersama meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat dimanapun kita berada, seraya berdoa berdoa semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan. Kobarkan semangat, tekad dan keyakinan para pahlawan, jadikan pahlawan sebagai inspirasi setiap langkah kehidupan kita. “Selamat Hari Pahlawan”. (Pendim 0731/Klp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update