-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Jumat, 05 November 2021

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Kulon Progo



Kulon Progo.  Jum’at (05/11), bertempat di Halaman Mapolres Kulon Progo berlangsung Apel Gelar Pasukan, dalam rangka kesiapsiagaan bencana tahun 2021, dipimpin oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo, diikuti personel Kodim 0731, Satradar 215/Congot, Sat Brimob Sentolo, Polres, Satpol PP, Damkar, Basarnas, SAR dan Senkom.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati, Kapolres, Pasi Ops Kodim 0731/Klp, Kasi Antena RXTX Sat Radar 215/Congot, Plh. Dan Sat Brimob Sentolo, Kepala Basarnas DIY, Danposal Karangwuni dan Kabid Trantibum Satpol PP Kulon Progo. 
Bupati Kulon Progo dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa di bulan Oktober sampai dengan Desember 2021, diperkirakan akan terjadi akumulasi curah hujan akibat la nina, yang berdampak hampir di seluruh wilayah Indonesia, yang dapat  mengakibatkan bencana hidrometeorologi yakni banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.  Secara administratif 12 Kapanewon di Kulon Progo merupakan kawasan yang rawan bencana alam tersebut.

Apel ini dilakukan guna mengevaluasi kekuatan sarana, prasarana, personel dan pendukung lainnya, serta untuk membangun konsolidasi dan sinergitas satuan dalam penanganan bencana. Informasi sekecil apapun perlu dikaji dan ditindaklanjuti guna mengurangi resiko yang mungkin akan terjadi. Kita perlu mengerahkan seluruh sumber daya yang ada guna membantu menghadapi ancaman bencana, baik personel maupun peralatan.  Seluruh kekuatan yang ada baik dari Pemda, Kodim, Polres, Kapanewon, Koramil, Polsek, Kalurahan dan Relawan, harus siap dalam penanganan apabila terjadi bencana alam.

Terima kasih dan apresiasi atas dedikasi, kerjasama dan kerja keras yang sudah terjalin antar steakholder pemerintah daerah selama ini, sehingga banyak bencana, baik alam maupun non alam seperti wabah Covid-19, yang dapat diatasi dengan baik. Saya berharap adanya koordinasi yang lebih intensif dalam menghadapi musim penghujan saat ini dan kita berdo'a semoga tidak terjadi bencana alam di Kulon Progo.

Diakhir amanatnya Bupati menekankan kepada peserta apel agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan rasa ikhlas sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, lakukan evaluasi diri dan inventarisasi kesiapan sarana dan prasarana sebelum pelaksanaan tugas, dalam menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi, laksanakan kegiatan bersinergi dengan seluruh elemen yang ada, sebagai langkah preventif dan antisipasi.
Selesai apel, Bupati didampingi segenap pejabat yang hadir melaksanakan peninjauan kesiapan sarana dan prasarana serta peralatan yang akan digunakan, apabila bencana alam benar-benar terjadi di Kulon Progo. (Pendim 0731/Klp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update