-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Minggu, 17 Oktober 2021

Ribuan BTPKLW-TNI Untuk Warga Kulonprogo Mulai Disalurkan Secara Bertahap


Kulon Progo.  Sabtu (16/10), bertempat di halaman Makodim 0731/Klp berlangsung acara launching penyaluran Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW-TNI) secara simbolis oleh Dandim 0731/Klp Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., bersama unsur Forkopimda dan dinas instansi terkait lainnya.

Dandim 0731/Klp dalam sambutannya menegaskan, sesuai undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa tugas pokok TNI salah satunya adalah melaksanakan operasi militer selain perang, yakni dengan membantu tugas pemerintah di daerah dalam menanggulangi dampak akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. 

Implementasi dari tugas tersebut, TNI melalui program pemerintah menyalurkan bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung terdampak Covid-19, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi.  Pemerintah mengambil langkah ini  dengan pertimbangan bahwa keberadaan TNI melalui satkowil di seluruh wilayah Indonesia sangat efektif, terutama wilayah yang ditetapkan sebagai PPKM Level 3, dengan harapan bantuan tersebut tepat sasaran.

Penyaluran bantuan akan dilaksanakan secara terpusat di Makodim 0731/Klp. Dalam pendistribusiannya dilaksanakan skrining data untuk dicocokkan dengan data yang telah di input para Babinsa melalui aplikasi Path Daily, apabila sudah sesuai maka dapat langsung menerima bantuan. 

Jumlah calon penerima bantuan sebanyak 2000 orang, masing-masing Rp.1.200.000,-.  Penyaluran akan kami laksanakan secara bertahap, diusahakan secara keseluruhan dapat tersalurkan pada bulan Oktober 2021 ini.  Dalam pelaksanaannya kita terapkan protokol kesehatan secara ketat, meski wilayah Kulon Progo sudah berada di level 3, namun jangan sampai lengah karena wabah Covid-19 dengan varian Delta merupakan sebuah ancaman yang cukup serius. 

Bantuan ini merupakan program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan perekonomian, semoga dapat membangkitkan ekonomi warga dan yang paling penting agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh aparat dan dinas instansi terkait, yang telah bersinergi dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, mudah-mudahan kebersamaan ini dapat terus dipelihara dan ditingkatkan di waktu-waktu yang akan datang, dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional maupun masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Penyaluran BTPKLW-TNI secara simbolis diserahkan oleh Forkopimda kepada 10 orang penerima, pada hari ini tersalurkan kepada 200 orang, penyaluran akan dilanjutkan pada hari berikutnya sesuai waktu yang telah ditentukan. (Pendim 0731/Klp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update