-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Sabtu, 30 Oktober 2021

Malam Puncak Acara Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo Ke 70 Tahun 2021



Kulon Progo.  Komandan Kodim 0731/Klp Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., bersama Unsur Forkopimda, Ketua DPRD, Kepala OPD dan Pejabat terkait lainnya serta Panewu jajaran Kabuptaen Kulon Progo, mengikuti acara penutupan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke 70 tahun 2021 dengan tema "Kulon Progo Gumregah, Kita Sehat, Ekonomi Bangkit",  berlangsung di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, Jum,at malam (29/10).

Sekda Kulon Progo Ir. RM. Astungkoro selaku ketua penyelenggara, menjelaskan bahwa berbagai acara dan kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke 70 tahun 2021, dan akan diakhiri malam ini dengan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Anom Sucondro, mengambil lakon “Pendowo Kumpul” yang mempunyai makna kita bisa berkumpul untuk gumregah membawa Kulon Progo lebih maju.
Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dalam sambutannya antara lain mengatakan, kita telah berada di penghujung rangkaian acara Hari Jadi Kulon Progo ke 70.  Dalam suasana kesederhanaan peringatan ini kita maknai dengan mendalam, tepatnya 70 tahun yang lalu menjadi hari yang istimewa bagi masyarakat yaitu lahirnya Kabupaten Kulon Progo. Meskipun terdapat kekurangan dan tidak bisa dilaksanakan seperti sebelum masa pandemi karena harus kita terapkan protokol kesehatan.  

Sesuai tema yang diambil "Kulon Progo Gumregah, Kita Sehat, Ekonomi Bangkit", sesuai dengan keadaan saat ini masih pandemi Covid-19, secara garis besar mari kita bersama-sama untuk semangat, bangkit dan bergerak gumregah, tetap menerapkan protokol kesehatan untuk peningkatan ekonomi yang lebih maju, pungkasnya.
Pada kesempatan ini dilaksanakan Launching Hari Jadi PDAM Kulon Progo yang jatuh pada tanggal 2 Agustus, diawali dengan pembacaan dan pentas seni sejarah PDAM Kulon Progo, serta penandatanganan Prasasti Hari Jadi PDAM oleh Bupati Kulon Progo. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para juara berbagai lomba yang digelar dalam peringatan Hari Jadi Kulon Progo ke 70 tahun 2021.

Puncak acara dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Pendowo Kumpul” diawali dengan penyerahan tokoh wayang Puntodewo oleh Bupati kepada Dalang Ki Anom Sucondro, Pagelaran wayang kulit ini sebagai upaya melestarikan budaya bangsa agar generasi kita bisa mengenal budaya sendiri, karena budaya merupakan jati diri bangsa.

Acara malam puncak rangkaian acara Hari Jadi Kulon Progo ke 70 tahun 2021, juga disiarkan secara live streaming oleh Kulon Progo TV, dengan tujuan agar masyarakat Kabupaten Kulon Progo dapat mengikuti berlangsungnya acara dari rumah masing-masing. (Pendim 0731/Klp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update