-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Rabu, 07 April 2021

Restocking Benih Udang di Waduk Sermo


Kulon Progo. Selasa, (06/04/21). Dalam rangka mendukung ketersediaan dan kelestarian sumber daya ikan di perairan umum, Komandan Koramil 03/Kokap Kapten CZi Sugiarta, menghadiri acara Restocking benih udang dan pencanangan gemar makan ikan di Dermaga 2 Waduk Sermo.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kulon Progo (Drs H. Sutejo), Asisten Perekonomian   Pembangunan dan Sumber Daya Alam (Bambang Budi Tri Harsono), Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Drs Sudarna), Panewu Kokap di wakili Kajawatan Keamanan (Sunardi), Komandan Koramil 03/Kokap (Kapten Czi Sugiarta), Kapolsek Kokap (AKP Sujarwo), Pok Mas Was PAGARINDU dan KUB, SAR Waduk Sermo.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dalam sambutannya mengatakan, Waduk Sermo ini merupakan tempat wisata, sumber air untuk kebutuhan air bersih dan irigasi, segaligus sebagai perairan umum yang dapat berkembang berbagai jenis ikan. "Kami hari ini melakukan tebar benih ikan dan udang, semoga bermanfaat bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan protein. Selain itu, untuk kembali menggeliatkan perikanan tanggap di perairan umum. Di Waduk Sermo, ada KUBE Pagar Rindu yang merupakan kelompok nelayan di Kapanewon Kokap. Mereka menangkap ikan di Waduk Sermo, dan hasil tangkapan dijual ke pengepul dan mencukupi kebutuhan keluarga. "Kami berharap ikan yang ditebar hari ini, tidak langsung ditangkap karena memang belum layak dikonsumsi. Kami berharap ikan yang hari ini ditebar bisa dipanen beberapa bulan ke depan," harapnya.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengharapkan restocking benih ikan mampu mendukung ketersedian ikan di perairan umum.Seperti diketahui, Kulon Progo memiliki perairan umum lengkap yang memiliki potensi ketersediaan sumber daya ikan. Namun demikian, ia mengakui perlu adanya upaya melestarikan sumber daya ikan di perairan umum karena ketersediaannya menurun.

Bupati berharap supaya masyarakat berperan serta dalam melestarikan sumber daya ikan di perairan umum. Keterlibatan kelompok masyarakat pengawas sangat dibutuhkan dalam menjaga sumber daya ikan. "program restocking ini perlu ditingkatkan. Saat ini sudah ada 23 kelompok masyarakat pengawas yang aktif melakukan pengawasan terhadap pengawasan ikan yang tidak ramah lingkungan," pungkasnya. (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update