-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

MAK NYUUUSS, MANIS, LEGITNYA DURIAN KLECO

Kamis, 18 Februari 2021 | 09.13 WIB Last Updated 2021-02-18T02:13:53Z

Kulon Progo.  Rabu (17/02/2021), Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., mengikuti acara panen perdana durian dalam rangka heboh buah Kulon Progo bersama Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo di SPT (Sentra Pemberdayaan Tani) Embung Kleco Kalurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.  

Rangkaian acara panen durian diawali dengan doa dilanjutkan petik durian perdana oleh Bupati Kulon Progo diikuti oleh segenap pejabat yang hadir dalam acara tersebut. “Durian Kleco Mak Nyuss”, seru Bupati bersama pejabat lainnya. Setelah petik perdana durian, acara dilanjutkan dengan icip-icip durian.
 
Kadis Pertanian dan Pangan Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA., dalam sambutannya mengatakan agenda heboh buah Kulon Progo adalah agenda rutin setiap tahun dengan tujuan untuk mempromosikan agro edowisata di Kapanewon Girimulyo, guna meningkatkan perekonomian warga sekitar. Agro edowisata dimana kawasan pertanian bisa sebagai kawasan edukasi dan wisata sudah kami kembangkan di tiga tempat yaitu Tonogoro Kalibawang, Kleco Girimulyo dan Embung Sidoarjo, dengan konsep Agro Edowisata. Durian menoreh kuning dan jambon adalah varietas durian Kulon Progo yang sudah diluncurkan oleh Menteri Pertanian sebagai durian varietas unggul nasional.

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dalam sambutannya mengatakan, saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Pangan, Kapanewon, Kalurahan, Yayasan Obor Tani beserta Kelompok Tani pengelola kawasan Embung Kleco, atas terlaksananya kegiatan panen perdana durian dalam rangka Heboh Buah Kulon Progo kali ini. Di masa PPKM ini, kegiatan telah dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Saat ini tercatat luas tanaman durian mencapai 1.891 hektar, berbagai upaya terus menerus kita laksanakan guna pengembangan durian antara lain dengan perluasan area tanam dan intensifikasi tanaman. Dengan bantuan dari BPTP DIY kita sedang memproses pelepasan beberapa varietas unggul lokal lainnya yakni durian promasan, durian Kendil, durian Banjar dan durian Cempli agar menjadi varietas unggul nasional. 

Selain bangunan embung yang berfungsi sebagai sumber pengairan, kawasan ini memiliki luas kebun durian dan klengkeng seluas 20 hektar dengan jumlah tanaman durian 2.000 batang dan klengkeng 700 batang.

Hadir dalam acara tersebut pejabat dari Keistimewaan DIY, DPKP DIY, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian DIY, Bupati, Dandim 0731, Kadis Pertanian dan Pangan, Kabagren Polres serta Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Kabupaten Kulon Progo, Forkopimka Girimulyo, Lurah, anggota Poktan Mardi Lestari, Marsudi Mulyo dan Banjar Mulyo serta anggota Yayasan Obor Tani Kalurahan Giripurwo. (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update