-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Slider

Selasa, 02 Februari 2021

KORAMIL-10/ CANDIMULYO BERSAMA PEMDA KABUPATEN MAGELANG TANAM POHON DI LAHAN KONSERVASI


Magelang -- Intensitas hujan yang tinggi di wilayah kabupaten magelang serta geografisnya yang  berada di antara pegunungan mengundang kekhawatiran semua pihak terutama bagi warga yang berada di lereng pegunungan terhadap bahaya tanah longsor.

Untuk mengantisipasi adanya bencana alam tanah longsor, salah satu yang dilakukan oleh Bupati magelang Zaenal Arifin adalah menanam pohon nyamplung di dusun Giyombong, Desa Surodadi, Kecamatan Candimulyo (30/01). 

Pada kesempatan tersebut, Bupati yang di dampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sarifudin SH, Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan dan Konservasi Lingkungan Hidup,  Ir Eko Widi Hermanto, Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Penataan Lingkungan Bp Ismail S.Si M.Si, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi, Taufik Hidayat, Kepala Bagian Umum, Drs Wisnu Argo Budiyono,  Camat Candimulyo Mulyanto SH MM, Danramil-10/ Candimulyo Kapten Infanteri Sunarto beserta anggota, Kapolsek AKP Gede Mahardika beserta anggota, dan seluruh perangkat pemerintah desa Surodadi.

Camat Candimulyo Mulyanto menyampaikan "saya ucapkan terimakasih kepada warga Dusun Giyombong Desa Surodadi, Candimulyo yang sudah peduli terhadap lingkungan sekitar masing-masing dengan menanam pohon di lahan konservasi seperti saat sekarang.  Hal ini tentunya bisa menjadi contoh bagi warga Magelang lainnya" atanya

Selaku Bupati magelang Zaenal berpesan  kepada warganya terutama yang berada di lereng pegunungan "Mari kita menanam pohon yang bisa menahan derasnya air disaat musim penghujan seperti saat ini, dan sekaligus bisa menyimpan air disaat musim kemarau, salah satunya adalah pohon nyamplung seperti yang dilakukan oleh warga dusun Giyombong, Candimulyo saat ini, disamping itu, menurut warga setempat, pohon nyamplung tersebut juga merupakan tanaman herbal yang bijinya bisa di manfaatkan untuk mengobati penyakit struk" Pungkas Zaenal.

Pada kesempatan yang sama, Danramil-10/Candimulyo Kapten Infanteri Sunarto mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati beserta staf yang kerso rawuh menanam pohon nyamplung di wilayah binaan kami.
Hal ini bermula dari laporan Babinsa desa Surodadi Serma Juwairul Hidayat yang saat itu mendapat laporan dari warganya tentang adanya lahan yang di dalamnya ada sumber mata air yang sering digunakan oleh warga dua wilayah yaitu dusun Kanyiran Kecamatan Pakis dan warga dusun Giyombong Kecamatan Candimulyo sebagai tempat bersih-bersih dan untuk masak. Namun disaat kemarau airnya menipis.

Mendengar laporan dari warga tersebut, tentunya sebagai Babinsa, merespon dan berkoordinasi kepada Kades, dan melaporkan kepada kami sebagai Danramil.

Di tingkat Forkopimcam kami sepakat agar sebisa mungkin ngaturi Bupati Magelang untuk bisa hadir dalam acara penanaman pohon secara simbolis di lahan konservasi yang banyak digunakan oleh warga sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan air bersih tersebut, "Terang Sunarto.

Disamping itu, warga akan terasa aman apabila beraktivitas di area tersebut, karena kanan dan kirinya merupakan tebing yang sewaktu-waktu bisa terjadi longsor, "Sambungnya.

Danramil juga berharap kepada warga binaannya yaitu wilayah kecamatan Candimulyo yang notabene letak geografisnya hampir mirip seperti dusun Giyombong yaitu perbukitan, agar mau meniru dengan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa Surodadi, syukur bisa sebagai contoh bagi warga kabupaten Magelang" Pungkas Sunarto. *(Irl942)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update