-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babinsa Kodim Bantul Kembali Ikuti Pelatihan Tracking Kasus Covid 19

Rabu, 10 Februari 2021 | 11.50 WIB Last Updated 2021-02-10T04:50:54Z
Bantul-Kementerian Kesehatan melalui Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Badan PPSDMK melakukan Workshop Fasilitator Tracer Covid-19 dengan melibatkan Satgas penanganganan Covid di Tingkat Kecamatan yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

Selama dua hari Babinsa Kodim Bantul Serda Marsono,  Serda Eka Purwanta dan Serda Andri Bayu Aji mengikuti pelatihan tracking kasus Covid 19 secara virtual. 

Pelacakan Kontak (contact tracing) adalah proses untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi/probable untuk mencegah penularan selanjutnya. 

Kegiatan ini penting karena kasus konfirmasi dapat menularkan penyakit sejak 2 hari sebelum hingga 14 hari sesudah timbulnya gejala. 

Pelacakan kontak erat yang baik menjadi kunci utama dalam memutus rantai transmisi COVID-19. Elemen utama pada implementasi pelacakan kontak adalah pelibatan dan dukungan masyarakat, perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan situasi wilayah, masyarakat dan budaya, dukungan logistik, pelatihan dan supervisi, serta sistem manajemen data pelacakan kontak.

Pelibatan masyarakat juga sangat penting untuk memastikan tidak adanya stigma yang muncul pada orang-orang yang masuk kategori kontak erat. Komunikasi yang baik dan jelas serta kedekatan baik secara sosial maupun budaya dapat mempermudah pelacakan kontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update