-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tanggap Bencana Banjir, Korem 074/Warastratama gelar Latihan Posko I Kodim 0725/Sragen

Senin, 04 Mei 2020 | 12.24 WIB Last Updated 2020-05-04T05:24:22Z
SRAGEN - Dalam rangka menguji kinerja serta kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk melaksanakan kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam banjir, Korem 074/Warastratama menggelar Latihan Posko-I Kodim 0725/Sragen, Senin (4/05/2020).

Latihan Posko I Kodim 0725/Sragen dibuka secara langsung melalui briefing pembukaan oleh Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay.

Dikatakan Danrem, Kegiatan Latihan Posko-I yang dilaksanakan saat ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0725/Sragen dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayahnya sesuai dengan UU RI No. 24 Tahun 2007 pasal 5 dan 6 tentang penanggulangan bencana alam.

“Persoalan-persoalan yang dilemparkan dalam latihan ini tidak lain adalah pokok permasalahan yang kemungkinan dihadapi nantinya, yang diperanggapkan pada situasi sebenarnya sehingga semua unsur terkait memiliki kemampuan maksimal untuk mengurangi dampak bencana alam banjir yang kemungkinan akan terjadi setiap saat,” imbuh Danrem.

Oleh karenanya, saya berharap latihan posko ini dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang terjadi diwilayah, serta mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan  Protap yang sudah ada.

“Selanjutnya saya tekankan, karena kegiatan ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 maka harus diterapkan protokol kesehatan sesuai standar WHO, dengan wajib menggunakan masker, menjaga jarak orang perorang dan sterilisasi diri dengan hand sanitizer yang disediakan di setiap sudut ruangan area kegiatan, selain itu penyemprotan di area kegiatan," pungkas Danrem.

Latposko-1 yang dibuka dengan briefing pembukaan oleh Danrem 074/Warastratama ini untuk memberikan Petunjuk awal kepada pejabat Dandim sebagai pengantar agar latihan lebih mendekati situasi sebenarnya sehingga tujuan dapat tercapai. (Penrem074/Wrt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update