-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang III Kabupaten Karanganyar

Senin, 09 Maret 2020 | 07.31 WIB Last Updated 2020-03-09T00:31:39Z
KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Gelombang III kabupaten Karanganyar Tahun 2020 di Halaman Sekda Kabupaten Karanganyar, Jum'at (06/3/2020). Turut hadir Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Suwarko mewakili Dandim Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos.

Juliyatmono mengatakan “Dalam pemilihan Kepala Desa atau Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, dimana masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa. Pada tanggal 11 Maret 2020 mendatang kita akan melaksanakan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Tahun 2020 di tujuh desa di wilayah kabupaten Karanganyar.

Sebagai salah satu wujud kesiapan dan antisipasi menghadapi Pilkades tersebut, maka pagi ini kita adakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan, dengan maksud agar semua komponen pengamanan baik Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas, segera menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, sehingga semua proses Pilkades dapat berjalan, aman kondusif dan lancar.

Saya minta setiap petugas dapat memetakan kerawanan dan deteksi dini terhadap kemungkinan munculnya konflik pada setiap tahapan Pilkades. Masing-masing satuan tugas segera mengimplementasikan kesiapsiagaannya secara maksimal, memperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pilkades, serta segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi yang proaktif dalam rangka mensukseskan Pilkades serentak.

Perlu kita sadari bahwa pelaksanaan Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal, karena masyarakat pemilih yang mungkin berbeda pilihan itu berdomisili di desa yang sama. Terlebih lagi semua kondisi dan suasana pendukung sangat dipengaruhi oleh calon kepala desa masing-masing, maka dari itu semua pihak harus bisa menata hati dan menahan diri dalam menghadapi permasalahan yang mungkin timbul,”ungkap Juliyatmono.

Saya berharap agar tiap-tiap calon Kepala Desa dapat mengontrol dan mengatur para pendukungnya, agar tidak terjadi gesekan gesekan antar warga. Sehingga Pemilihan Kepala Desa Gelombang III Tahun 2020 dapat berjalan secara aman dan guyup rukun, baik sebelum maupun sesudah Pilkades diselenggarakan.

Bupati juga menghimbau kepada peserta apel, agar dapat bersikap netral dalam melakukan pengamanan pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya. Apabila muncul persoalan di lapangan, maka segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang, agar persoalan bisa terselesaikan dengan baik.

“Mari kita sukseskan Pilkades Serentak Gelombang III Kabupaten Karanganyar Tahun 2020 dengan Tertib, Aman dan Demokratis demi Karanganyar Maju dan Tangguh".

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update