Breaking News

Manfaatkan Lahan Kosong, Danramil Bersama Warga Tanam 1000 Pohon Jeruk Nipis

Bantul  - Ketersediaan air menjadi masalah utama di Bantul tiap musim kemarau. Hal ini diduga minimnya serapan air hujan, seiring makin jarangnya tanaman penghijauan.

Guna memulihkan kondisi lahan, Desa Sabdodadi bersama sejumlah pemangku kepentingan, Rabu (12/2) sore melakukan penanaman 1.000 pohon jeruk tipis. Lokasinya di Desa Sabdodadi, Bantul.

"Kita harus sadar bagaimana memulihkan kondisi tanah yang ada di kecamatan Bantul ini, pada umumnya dan di desa-desa pada khususnya," ucap lurah Sabdodadi ibu Siti Fatimah usai penanaman di lokasi.

Program penghijauan dilaksanakan berkala mengacu pada skala prioritas. Ini terutama di sejumlah lahan dengan kondisi vegetasi perlu penanganan segera. Prioritas lainnya adalah kawasan tangkapan air.

"Daerah-daerah cacthment area (tangkapan air) juga harus diperhatikan. Sehingga ke depan acaman musibah banjir dapat ditanggulangi," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga dibagikan ribuan batang bibit tanaman penghijauan. Antara lain 500 batang bibit kelengkeng, 1000 batang jeruk tipis, dan 50 batang bibit salak.

Danramil Bantul disela penanaman menyampaikan, dengan adanya penanaman pohon ini membuktikan bahwa warga tanggap akan pemanfaatan lahan, sehingga kedepan bisa menjadi tambahan atau lumbung yg bisa menjadi komoditi Desa Sabdodadi, ini bisa dijadikan contoh untuk desa yg lainya, tegas Danramil.

( Pen 01/Btl)

Tidak ada komentar