-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Koramil 1312-08/Melonguane Lestarikan Budaya Daerah

Selasa, 04 Februari 2020 | 14.06 WIB Last Updated 2020-02-04T07:06:29Z
Talaud -- Danramil 08/Melonguane, Lettu Inf Rudolf J. Maariwuth dan Babinsa desa Kiama, Sertu Yarit Amodi menghadiri Acara budaya adat Kunci tahun (Mandru'U'tonna) meninggalkan tahun 2019 dan memasuki tahun 2020 yang dilaksanakan di Balai pertemuan umum desa Kiama secara adat, Seni  (3/2).

Ratumbanua (Tokoh adat), Yosius Andalangi mengatakan bahwa, Budaya adat Manduru'U'Tonna wajib dilaksanakan setiap memasuki Tahun Baru yaitu pada Bulan Januari akhir. "Pelaksanaan budaya adat ini selain wajib dilaksanakan juga sdh Melekat kepada Warga Masyarakat Kabupaten Talaud dan telah melekat kepada warga Talaud turun-temurun dari generasi-kegenerasi di kabupaten Talaud karena budaya ini bermakna DO'A dalam menghadapi kehidupan yang akan datang memasuki tahun baru dengan memohon kepada Tuhan yang maha kuasa di dalam melakukan usaha di tahun 2020 ini akan diberkati dan mendapat pahala," ungkapnya.

Sementara Kepala desa (Kades) Labertus Losoh mengatakan, sangat menghormati dan menghargai kehadiran Bapak Danramil dan Babinsa dalam pelaksanaan acara budaya adat yang kami laksanakan, mulai dari tua-tua adat, unsur pemerintah desa dan para tokoh masyarakat menyampaikan harapan kiranya Tuhan yang maha kuasa tetap menuntun dalam tugas dan tanggung jawab Bapak Danramil dan seluruh jajaran Babinsa yang ada di desa-desa binaan yang selama ini telah bersama-sama dengan Warga Masyarakat diwilayah dalam mengatasi kesulitan yang ada ditengah-tengah Masyarakat, sekaligus sebagai pembina dan pengamanan didesa.

Danramil 08/Melonguane, Lettu Inf Rudolf J. Maariwuth mengatakan, sangat mengaresiasi akan pelaksanaan acara budaya adat ini, karena mendengar dan menyimak dari pembicara-pembicara 12 orang tokoh adat yang sudah menyampaikan Sambutanya, semuanya bermakna "DOA" agar di dalam menjalani kehidupan dimasa depan tetap dilindungi oleh yang maha Kuasa dan diberkati dalam melaksanakan usaha baik warga Masyarakat sebagai petani, Nelayan, pengusaha, pegawai semua memanjatkan do'a agar mendapat hasil yang berasal rezeki dari Tuhan yang maha kuasa. (Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update