Breaking News

Pembinaan Teritorial Terpadu Tangkal Radikalisme

Sleman,Selasa  (19/11/2019) Komando Distrik Militer (Kodim) 0732/Sleman menggelar Kegiatan Pembinaan Teritorial Terpadu (Binter)  Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Separatisme, kegiatan dihadiri oleh Perwakilan Tomas (Tokoh Masyarakat), Toga (Tokoh Agama), Toda (Tokoh Pemuda), Todat (Tokoh Adat).

Kegiatan Binter Terpadu di laksanakan di Aula Kecamatan Sleman Jalan Magelang Km 11 Triharjo Sleman dengan tema "Memperdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang , Alat dan kondisi Juang yang Tangguh"

Selaku penanggung jawab kegiatan, Letkol Inf Diantoro, S.I.P. Komandan Kodim 0732/ Sleman menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut, dan mengajak kepada seluruh pihak yang terlibat untuk menyatukan visi, misi dan persepsi, agar pada kegiatan yang bersifat kolektif ini dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Arti radikalisme itu sendiri merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai - nilai yang ada secara drastis Iewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem.
"Ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari sikap dan paham radikal, seperti sikap intoleran, fanatik, eksklusif dan revolusioner," jelas Dandim.

Beberapa strategi dalam menghadapi radikalisme, di antaranya kontra radikalisasi, yakni upaya penanaman nilai - nilai ke - Indonesiaan, serta nilai - nilai non - kekerasan. Dalam proses ini, strategi yang dilakukan melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal.

Kontra radikalisasi diarahkan masyarakat umum melalui kerja sama dengan para tokoh agama, pendidikan, masyarakat, adat, dan tokoh pemuda, serta stakeholder lain dalam memberikan nilai - nilai kebangsaan.

Mengakhiri Sebagai Narasumber, Dandim menyampaikan, bila sinergi dan komitmen yang kuat bisa terjalin dengan baik, Insya Allah tujuan untuk mewujudkan suatu pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan Wilayah Sleman khususnya yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat akan tercapai", pungkasnya.

Mustaji selaku Camat Sleman Menyampaikan Melalui kegiatan ini , kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna menghindari bahaya radikalisme ,separatisme dalam mewujudkan keamanan di wilayah kecamatan sleman  khususnya dan Kabupaten sleman pada umum nya dari paham Radikalisme katanya.
Kegiatan ini juga mampu menjalin Komunikasi Sosial yang harmonis untuk meningkatkan tali silaturahmi Prajurit Kodim 0732/Sleman dengan komponen Masyarakat dalam rangka menciptakan cegah tangkal radikalisme / separatisme, "pungkasnya. (Ds)

Tidak ada komentar