Breaking News

Kapten Arm Paian Silalahi Danramil 20/Pangaribuan Kodim 0210/TU Tanamkan budaya semangat Gotong royong.

Tapanuli Utara |Budaya gotong royong merupakan ciri khas masyarakat Indonesia sejak dahulu. Hal ini tampaknya menjadi cikal-bakal Kapten Arm Paian Silalahi untuk menumbuhkan kembangkan budaya dan semangat gotong royong diwilayah teritorialnya.

Seperti Gotong royong yang dilakukan oleh Koramil bersama Polsek Pangaribuan Selasa, 12/11/2019. Did esa Pakpahan kecamatan Pangaribuan kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara bersama sejumlah warga bersihkan fasum ( fasilitas umum)


Kata Danramil Jika kita berbicara masa lalu, mudah sekali menemukan budaya gotong royong dalam berbagai bentuk dan aspek kehidupan. Mulai dari kerja bakti yang sering dilakukan masyarakat hingga budaya gotong royong antar sesama umat beragama.

Di era globalisasi ini budaya gotong royong harus terus dijaga dan diamalkan karena tidak semua globalisasi menguntungkan, karena pengaruh globalisasi itu sendiri biasanya menciptakan terbentuknya manusia modern yang menumbuhkan sikap indivudualistik dan akan menggeser kegotong-royongan pada aspek kehidupan masyarakat.

Meskipun saat ini sudah terjadi perubahan yang sangat dahsyat dengan munculnya sifat-sifat individualistic karena pengaruh budaya barat, maka kita perlu mengantisipasi agar kerukunan hidup gotong-royong dan saling menghargai sesama tetap terjaga.

Dalam era globalisasi dan moderenisasi seperti sekarang ini, peran Koramil sebagai pelaksana Satkowil TNI AD tetap menjaga dalam mendorong partisipasi keluarga dan masyarakat untuk tetap melakukan hubungan langsung bagaimana agar gotong royong ini tetap terjaga karena gotong royong merupakan warisan budaya bangsa Indonesia.


Semangat gotong royong ini bisa tumbuh dengan beberapa cara yang salah satunya adalah menghidupkan kembali semangat kebersamaan dalam komunitas bersama yaitu organisasi. Dengan berorganisasi maka seseorang akan mendapat banyak keuntungan seperti memliki keterampilan tertentu dan juga mendapat banyak teman. Selain itu gotong royong dapat mempercepat dalam melakukan suatu pekerjaan. Selain itu banyak manfaat yang dapat diambil dalam gotong royong diantaranya adalah menumbuhkan rasa solidaritas antar warga akan terjalin dengan baik, menumbuhkan sikap kebersamaan, meringankan beban pekerjaan.

Danramil 20/Pangaribuan Kodim 0210/TU menambahkan ia dan jajaran akan tetap mengajak serta merangkul Toga,Tomas, Todat, Tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya dengan berbagai cara dan upaya agar semangat gotong royong di kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Sumut tetap terjaga dengan baik.(Tutup Danramil 20/Pangaribuan)

Tidak ada komentar