Breaking News

Rasa bangga bercampur senang dirasakan oleh Serda Hinarko, desa binaannya lolos verifikasi sebagai desa berprilaku sehat.

 Humbang Hasundutan  -- Dinas kesehatan kabupaten bersama Tim Verifikasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarang (SBS ) melaksanakan Verifikasi di desa sibongkare julu kec, Tarabintang kab. Humbang Hasundutan Selasa, 29/10/2019.


Pelaksaan Verifikasi ini  turut didampingi oleh Camat Tarabintang diwakili Ibu Riama, Kades Sibongkare bpk Marisi Situmorang dan Bidan Desa.


Sebelum pelaksanaan Verifikasi dilakukan brifing terlebih dahulu dikantor desa Sibongkare. oleh Ketua Tim verifikasi Ibu Beneditha Simamora saat brifing mengatakan bahwa salah satu poin penilaian terpenting adalah sanitasi dan ketersediaan jamban.


Selanjutnya tim verifikasi mengunjungi langsung kerumah-rumah warga yg ada di Desa Sibongkare Julu untuk melihat/menilai secara langsung atas ketersediaan Jamban sehat keluarga serta melakukan wawancara  singkat  dlm pengisian Quis yg telah disiapkan Oleh Tim Verifikasi.


Ibu Beneditha Simamora menambahkan Proses Verifikasi ini perlu di lakukan untuk memastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat Desa Sibongkare.



Selanjutnya Tim verifikasi melakukan rekapitulasi atas hasil pemeriksaan dan menyimpulkan dengan hasil bahwa seluruh Tim Verifikasi sepakat bahwa masyarakat Desa Sibongkare julu telah berperilaku hidup sehat dgn terakses jamban seluruhnya.


Desa Sibongkare dinyatakan lolos Verifikasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarang.
Desa Sibongkare bisa menjadi Contoh Serta sebagia pemicu dan motifasi kepada Desa-desa lain yang ada di kecamatan Tarabintang. (Tutup ketua tim verifikasi ibu Beneditha Simamora)

Tidak ada komentar