Breaking News

Koramil Secang jadi Team Verivikasi ODF.


Magelang-- Anggota koramil 05/Secang dampingi team verifikasi open Defevation Free (ODF)  atau Stop Buang Air Besar Sembarangan  dari team gabungan instansi terkait kabupaten Magelang di 7desa wilayah kecamatan Secang. rabu (16/10)

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Dalam kesempatan itu Danramil 05/Secang Kapten Arm Suryo Wibowo menuturkan,"bahwa TNI AD melalui satuan Kodim 0705/Mgl mempunyai program yang selalu dilaksanakan adalah memberikan bantuan material dan pembuatan Jamban kepada warga yang kurang mampu dan belom memiliki jamban dirumahnya. Pembuatan jamban dilaksanakan oleh Babinsa dan warga yang mendapat bantuan".

Dalam pernyataanya dr Isfina Tsani Fiari selaku kepala Puskesmas 2 Secang menyampaikan harapannya dari total keseluruhan  di 7 desa diantaranya Pirikan, candisari, Pancuranmas, Sido Mulyo, Kalijoso, Payaman, Karangkajen. dalam progam ODF ini kedepannya masyarakat dapat bererilaku hidup bersih dam sehat (PHBS) hingga 100 %,kemudian apabila masih ada yang belum mempunyai jamban pribadi pada tahun 2020 sdh mempunyai jamban pribadi. (Pen0705)

Tidak ada komentar